Semangat! Man jadda Wa Jadaa!!

Kamis, 12 April 2012

Tugas Evaluasi Pembelajaran PLS : Definisi dan Perbedaan antara Evaluasi, Penilaian, dan Pengukuran serta Perbedaan antara Kompetensi dengan Tujuan


Perbedaan antara Kompetensi dengan Tujuan :

Kompetensi merupakan target pencapaian kemampuan personal/individu peserta didik, sedangkan tujuan pembelajaran merupakan target pencapaian kemampuan peserta didik secara kolektif (keseluruhan peserta didik bukan per individu). (sumber : Wardhani, Sri. 2008. Perbedaan Indikator Pencapaian Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran. [Online]. Tersedia : http://p4tkmatematika.org).

Alasan Pembelajaran Sekarang Berbasis Kompetensi :

Karena pembelajaran berbasis kompetensi lebih menekankan pada kemampuan individu yang harus dimiliki setiap orang dari lulusan suatu jenjang pendidikan. Kompetensi merupakan modal utama bagi seseorang untuk menghadapi persaingan global sehingga bisa berkompetisi. (Sumber : Pratama, Ivan. 2009. Sistem Pendidikan Berbasis Kompetensi. [Online]. Tersedia : http://ivanpratamao.wordpress.com/2009/02/14/sistem-pendidikan-berbasis-kompetensi/)

Definisi dan Perbedaan antara Evaluasi, Penilaian, dan Pengukuran :
      Definisi
-          Evaluasi (evaluation)
Stufflebeam, dkk (1971) menyatakan bahwa evaluasi merupakan proses menggambarkan, memperoleh, dan menyajikan informasi yang berguna untuk merumuskan suatu alternatif keputusan.
-          Penilaian (assessment)
Penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar peserta didik atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) peserta didik.
-          Pengukuran (measurement)
Nunnally & Bernstein (1994) :
Pengukuran adalah suatu proses pemberian angka atau label terhadap atribut dengan aturan-aturan yang terstandar atau yang telah disepakati untuk merepresentasikan atribut yang diukur.

      Perbedaan
Evaluasi
Penilaian
Pengukuran
Penilaian hasil belajar yang didasarkan pada proses pengukuran yang valid dan reliabel.
Kegiatan menentukan nilai suatu objek atau mengambil suatu keputusan tehadap suatu objek dan penilaian bersifat kualitatif.
Membandingkan suatu benda yang diukur dengan alat ukur yang digunakan sebagai satuan. Pengukuran bersifat kuantitatif dari suatu objek tertentu.

Sumber :
               . 2009. Pengertian dan Konsep Evaluasi Penilaian dan Pengukuran. [Online]. Tersedia : http://santriw4n.wordpress.com/2009/11/18/pengertian-dan-konsep-evaluasi-penilaian-dan-pengukuran/
               . 2010. Pengertian Pengukuran Penilaian dan Evaluasi. [Online]. Tersedia : http://adhenarlin.wordpress.com/2010/03/19/pengertian-pengukuran-penilaian-dan-evaluasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar